Mengulas Tentang Peringatan Mudah untuk Mengganti Ban Mobil

Kendaraan membutuhkan perawatan layaknya tubuh manusia. Sebagai alat transportasi yang dapat menunjang aktivitas, mobil harus diperhatikan kelayakannya. Setiap bagian mobil, termasuk ban harus dicek kondisinya sebelum digunakan. Apakah ban tersebut masih layak pakai atau malah sudah harus diganti dengan yang baru. Banyak orang lupa memperhatikan hal-hal kecil seperti ini, sehingga kerap mengundang masalah di jalanan. Walaupun terlihat sepele, kelayakan ban dapat mempengaruhi keselamatan jiwa Anda saat berada di jalan. 

Mengganti Ban Mobil

 

Ban pecah menjadi salah satu masalah paling menakutkan bagi para pengendara. Kondisi ini dapat memicu kecelakaan lalu lintas yang berujung pada kematian. Sudah banyak kasus yang memperlihatkan kelalaian perawatan ban mobil seperti ini. Tak peduli musim kemarau ataupun penghujan, ban pecah dapat terjadi kapanpun. Supaya tak mengulangi hal yang sama, Anda harus benar-benar mengetahui seputar ban, seperti:

 

  • Masa pakai

Secara umum, ban sudah harus diganti setelah pemakaian 50.000 km, tapi adapula yang hanya dipakai hingga 40.000 km. Selama rentan pemakaian itupun kondisi ban harus diperiksa secara berkala. Begitu pula dengan masa pakai selama 5 tahun, ban sudah harus dibawah penanganan profesional. Setidaknya lakukan servis berkala 1 tahun sekali untuk memastikan ban masih aman digunakan. Jika Anda masih membiarkan ban digunakan selama 10 tahun, sebaiknya Anda benar-benar rutin melakukan servis. Meskipun kondisi ban masih memungkinkan, sebenarnya dalam kondisi seperti ini ban sudah tidak layak pakai.

 

  • Tanggal produksi

Setiap ban dilengkapi dengan tanggal produksi pada bagian samping. Anda bisa menemukan kode yang tertulis untuk memandu Anda memperhitungkan masa pakai ban. Misalkan saja tertulis 0512, ini artinya ban diproduksi pada bulan 5 tahun 2012. Catat tanggal tersebut sebagai panduan untuk Anda mengganti ban setelah masa pakai berakhir. Bila perlu servis di tempat yang sama sebagai pengingat montir untuk memeriksa keseluruhan ban.

 

  • Benjolan di permukaan

Gejala ini paling mudah dijumpai sebagai pertanda ban butuh diganti segera. Benjolan akan muncul pada bagian samping atau luar dari ban mobil. Jangan menganggap remeh benjolan semacam ini, sebab dapat mengakibatkan ban pecah secara tiba-tiba. Pasalnya ban sudah tidak tahan dengan suhu panas dari jalanan yang dilaluinya. Segeralah ganti ban dengan yang baru tanpa harus mengalami insiden di jalan raya terlebih dahulu.

 

  • Ban aus

Serat benang pada ban menandakan kondisi aus pada permukaannya. Ini artinya Anda sudah harus menggantinya dengan yang baru. Aus sendiri bisa ditemukan pada bagian dalam maupun luar dari ban. Tak sulit untuk memperhatikannya, cukup Anda teliti secara cermat bagian permukaan ban dan sentuh dengan permukaan jari. Biasanya akan terlihat dan teraba bagian benang yang mulai terasa kasar akibat karet yang telah terkikis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *