Investasi Reksadana dan Langkah Mudah untuk Memulainya

Sebenarnya, kita tidak perlu menunggu hari tua untuk melakukan investasi. Investasi menjaga kehidupan finansial Anda hingga di masa yang akan datang. Tetapi, dari mana modalnya? Bagaimana jika belum memiliki modal untuk melakukan investasi? Jika belum memiliki modal untuk melakukan investasi, Anda bisa memilih produk keuangan yang sedang populer sekarang ini yakni Reksadana. Reksadana merupakan kumpulan dana yang dikelola dan digunakan untuk membeli saham dan sejumlah instrumen lainnya. kemudahan investasi reksadana ialah, kita melakukan investasi yang nilainya tidak sebesar saham, yang membutuhkan modal hingga puluhan juta.

Bagaimana cara untuk memulai jenis investasi ini? langkah pertama ialah menentukan tujuan. Anda bisa menentukan tujuan Anda, untuk apa menginvestasikan uang untuk membeli reksadana ini. apakah Anda membeli reksadana untuk modal anak sekolah hingga ke jenjang pendidikan yang tinggi, atau digunakan sebagai dana pensiun. Hal ini memiliki keterkaitan dengan jangka waktu dari investasi serta jenis reksadana yang tepat bagi Anda. karena, percuma bila kita melakukan investasi namun tidak memiliki tujuan yang jelas. Ada beberapa tujuan yang melatarbelakangi seseorang melakukan investasi, jadi pikirkan kembali tujuan Anda.

Investasi Reksadana Bukalapak

Kedua, jenis investasi reksadana. Sebelum melakukan investasi di bidang reksadana ini, lebih baik Anda mengetahui terlebih dulu jenis dari reksadana yang ada, berikut beberapa jenisnya, antara lain:

  • Reksadana pasar uang. Reksadana ini ditempatkan pada SBI, obligasi, deposito. Untuk jatuh temponya selama 1 tahun,
  • Reksadana pendapatan tetap. Reksadana ini dana dialokasikan ke obligasi paling tidak 80%, resiko dari reksadana pendapatan tetap memang lebih tinggi,
  • Reksadana saham. Reksadana saham menempatkan dananya kurang lebih 80% ke saham, sehingga Anda memiliki potensi memperoleh keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. tetapi resikonya juga besar,
  • Reksadana campuran. Sesuai dengan nama yang dimiliki, reksadana campuran mengalokasikan dananya di berbagai macam instrumen keuangan.

Ketiga, jangka waktu melakukan investasi. Melakukan investasi berjenis reksadana memerlukan jangka waktu yang berbeda. ada yang melakukan investasi kurang dari satu tahun, lebih dari satu tahun hingga lebih dari 5 tahun. Pada jangka waktu yang kurang dari setahun lebih baik memilih reksadana pasar uang, sedangkan untuk investasi 1 hingga 3 tahun, Anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap, dan jangka 3 hingga 5 tahun, Anda bisa menggunakan reksadana campuran. Apabila Anda ingin melakukan investasi dalam jangka panjang, pilih reksadana saham.

Keempat, langkah melakukan investasi. Tentukan mana yang lebih sesuai dengan Anda. jika Anda ingin lebih aman, Anda bisa memilih pasar uang. Reksadana ini mempunyai pendapatan tetap dan terlindungi, bila Anda ingin memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dan siap dengan segala resiko, reksadana saham adalah jawabannya. Setelah itu Anda bisa melihat rekam jejak, seperti apa keuntungannya selama 3 bulan terakhir ini. Anda harus melihat keuntungan konsisten dari sana.

Terakhir, pastikan investasi reksadana yang Anda ambil mempunyai ijin. Reksadana merupakan investasi yang legal. Perizinan pada reksadana mempunyai banyak syarat serta bersifat mutlak. Bukan hanya itu untuk manager investasi yang mengelola reksadana Anda, biasanya mereka sudah memiliki izin, Anda bisa mengecek seperti apa perizinan mereka serta manajer investasi Anda. bila terlihat meragukan, Anda bisa menolak penawaran investasi ini. mengapa pengecekan izin harus dilakukan? Tentu saja agar Anda tidak tertipu bentuk investasi bodong atau investasi yang abal-abal, karena investasi yang tidak mengantongi izin biasanya bukan investasi legal. Jadi, kapan Anda ingin memulai kegiatan investasi ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *